Tablidwirausaha.com �Inspirasi Wira Usaha Anda | Inspirasi Wirausaha kali ini datang dari seorang pengusaha muda berbakat, yang gigih menjalankan usahanya hingga saat ini. Penguasaha muda kelahiran Kota Kembang tahun 1983, tengah menggeluti usaha nya dengan mengangkat produk camilan tradisional yaitu Cireng. Beliau bernama Bapak Najib Wahab Mauluddin, beliau mulai merintis usaha tersebut mulai dari tahun 2011 bersama seorang rekannya bernama Bapak Catur Gunandi.
Pertama kali beliau membuat dan memasarkan cilok buatannya kepada teman-teman sekitar yaitu kantor, tetangga dan juga menjual produknya di Pasar Modern BSD Kota Tangerang Selatan, namun demikian Alhamdulillah respon dari penggemar Cireng buatan Pak Najib tersebut mendapat respon cukup baik di masyarakat dan banyak yang repeat order, dengan Modal awal Rp.500 Ribu untuk membeli bahan baku dan membayar 2 karyawan Pada Saat itu penjualan masih diangka 500 bungkus perhari.
Seiring dengan berjalannya usaha Bapak Najib ini terus berkembang sehingga untuk meningkatkan lagi omset penjualan, maka beliau mengajak lagi sahabatnya Pak Dimas Aritedjo dan bergabunglah beliau pada tahun 2013 untuk mengelola usaha bersama, sehingga tugas dan tanggung jawab kita bagi bertiga Najib Wahab (Produksi dan Operation),Catur Gunandi (Finance dan HR) sedangkan Dimas Aritedjo Sebagai Marketing dan Branding. Kami bertiga mengelola secara profesional sejak awal tahun 2014, dengan banyak perubahan pada kemasan, maskot, dan lain lain.
Saat ini Cireng Salju yang diproduksi oleh PT.Bonju Indonesia mempunyai rumah produksi di Perumahan Sarua Makmur, Ciputat, Tangerang Selatan dengan lebih dari 80 karyawan tetap untuk menghandle produksi, packaging, pengiriman, SDM, keuangan, marketing dan social media. Jumlah karyawan selalu bertambah dengan meningkatnya orderan dan berkembangnya bisnis cireng salju. Alhamdulillah PT.Bonju bisa berkembang pesat selama 2 tahun terakhir ini selain dari kerjakeras semua team, kami juga menyisihkan 10% dari omset kami setiap bulan untuk kami keluarkan sebagai Zakat dan Sedekah, Karena kami percaya Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama manusia..." dan juga Zakat berarti subur atau tumbuh. Nah, sesuai dengan artinya ketika kita mengeluarkan sebagian harta kita untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerima zakat, maka kita telah menyuburkan harta kita serta membuka jalan rezeki kita. (Subahanallah Barokallahu Fiikum .Red).
Berikut beberapa petikan dari Bapak Najib, mengapa beliau lebih tertarik berwirausaha Cireng Salju.
1. Apa Yang Membuat Anda tertarik dengan usaha Cireng Salju?
Sebab makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok setiap individu yang dibutuhkan setiap hari. Dan Modal awal untuk memulai usaha kuliner relatif kecil, Target pasar nya pun tidak serumit usaha lain ditambah pada saat 2011 saya sendiri masih bekerja di salah satu perusahaan Minyak terbesar diindonesia sehingga lumayan agak susah dalam berbagi waktu. Di era modern ini banyak sekali makanan-makanan luar yang menjamur sehingga makanan kuliner lokal lambat laun mulai terkikis karena waktu, dengan optimisme kami justru menjadi salah satu peluang bisnis mengangkat makanan lokal yaitu cireng salju dengan branding dan packaging yang menarik. Saat ini Bangsa Indonesia mengalami kendala mengenai produk dalam negeri yang kalah saing dengan luar negeri dan masuknya produk produk luar negri yang seharusnya makanan lokal bisa menjadi tuan rumah Indonesia karena kebanyakan dari masyarakat Indonesia lebih banyak mengkonsumsi atau menggunakan produk luar daripada dalam Negri. Disini Cireng Salju ingin mengenalkan kepada masyarakat Indonesia mengenai Kuliner Lokal yang tidak kalah saing dengan Makanan dari Luar Negri.
2. Apa Yang Membuat Anda tertarik dengan usaha Cireng Salju?
Sebab makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok setiap individu yang dibutuhkan setiap hari. Dan Modal awal untuk memulai usaha kuliner relatif kecil, Target pasar nya pun tidak serumit usaha lain ditambah pada saat 2011 saya sendiri masih bekerja di salah satu perusahaan Minyak terbesar diindonesia sehingga lumayan agak susah dalam berbagi waktu. Di era modern ini banyak sekali makanan-makanan luar yang menjamur sehingga makanan kuliner lokal lambat laun mulai terkikis karena waktu, dengan optimisme kami justru menjadi salah satu peluang bisnis mengangkat makanan lokal yaitu cireng salju dengan branding dan packaging yang menarik. Saat ini Bangsa Indonesia mengalami kendala mengenai produk dalam negeri yang kalah saing dengan luar negeri dan masuknya produk produk luar negri yang seharusnya makanan lokal bisa menjadi tuan rumah Indonesia karena kebanyakan dari masyarakat Indonesia lebih banyak mengkonsumsi atau menggunakan produk luar daripada dalam Negri. Disini Cireng Salju ingin mengenalkan kepada masyarakat Indonesia mengenai Kuliner Lokal yang tidak kalah saing dengan Makanan dari Luar Negri.
3. Pertama kali belajar Masak ?
Jauh sebelum memulai usaha Cireng Salju ini sejak kecil saya sering belajar memasak dari saudara di bandung. Makanan pertama yang dibuat adalah Bubur Ayam, karena hobby sekali makan bubur. Sejalan dengan waktu banyak belajar ,mencontoh dan mengasah feeling rasa sehingga menjadi paham cara membuat makanan enak.
4. Asal mula nama usaha Cireng Salju
Asal mula nama Cireng Salju ini dikarenakan Cireng yang kami buat berwarna putih, lembut dan bersih, selain itu kami yakin karakteristik dari Bola Salju sendiri lama kelamaan akan menjadi besar.sehingga kami yakin dengan mengangkat nama cireng salju akan lebih mudah dalam hal brading dan orang lebih familiar dalam mendengar nama tersebut.
5. Berapa lama Anda bereksperimen?
Cireng pada umumnya jika sudah dingin tekstrunya keras,untuk itu saya mempunya konsep bagaimana cireng ini bisa empuk mempunya aroma wangi untuk itu Saya bereksperimen sekitar 1 bulan, dari mulai adonan sampai sambal yang membuat ketagihan dan Alhamdulillah saat ini menjadi andalan dari PT.Bonju Indonesia ini selain dari produk kami cireng salju ada juga yaitu Cuanki Salju dan Cilok Salju
6. Bagaimana mencari karyawan yang terampil?
Pada tahun 2011 kami mengalami pasang surut dalam menghire karyawan karena sibuknya aktivitas sehingga tidak bisa mengontrol 100 % semua karyawan baik dari attitude maupun integrity,Belajar dari kegagalan merekrut karyawan kami pelajari dan hal yang terpenting adalah, pertama kali adalah Selektif dalam Menerima karyawan dalam segi Attitude dan tingkah laku setelah itu kami Mengembangkan Kualitas Karyawan Baru dengan cara training dan coaching rutin serta Mempertahankan Karyawan Berpotensi dan Merekrut Karyawan Berkompeten Sebanyak Mungkin, Alhamdulillah saat ini kami mempunya super team yang handal serta semua karyawan kami anggap keluarga dan Asset dalam perusahaan.
7. Bagaimana dengan pemasaran produk Cireng SAlju?
Cireng salju secara drastis dari jajanan sederhana dengan kemasan sederhana dan dipasarkan secara terbatas menjadi sebuah brand kuliner tradisional terbaik di Indonesia, Saat ini sistem pemasarannya langsung ke Distributor yang kami tunjuk setiap Wilayah Kota dan saat ini kami mempunyai ribuan reseller dari Sabang sampai Merauke. Bahkan konsumen cireng salju sudah banyak di luar negeri seperti di Jepang, Jerman, Malaysia, Taiwan, Qatar, Mesir, Belanda dll . Salah satu Cara kami dalam memasarkan adalah dengan jalur Online dan Offline
8. Siapa yang membuat desain Cireng Salju ?
Dalam menentukan desain kami bertiga namun di lead oleh sahabat kami Dimas Aritejo sehingga merubah wajah cireng salju secara drastis dari jajanan sederhana dengan kemasan sederhana dan dipasarkan secara terbatas menjadi sebuah brand kuliner tradisional terbaik di Indonesia, yang mempunyai ribuan reseller dari Sabang sampai Merauke. Bahkan konsumen cireng salju sudah banyak di luar negeri seperti di Jepang, Jerman, Malaysia, Taiwan, Qatar, Mesir, Belanda dll
Cireng salju dikemas secara ekslusif dan mampu menaikkan pamor jajanan tradisional menjadi kuliner kelas atas. Bahkan selain menjadi salah satu oleh-oleh wajib ke luar negeri, cireng salju juga sudah mulai dijadikan snack meeting untuk perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Dan sudah tidak terhitung artis-artis yang sangat menyukai cireng salju.
9. Berapa harga produk Cireng Salju ?
Saat ini harga di konsumen yang kami berlakukan adalah Untuk Cireng Rp.22 Ribu,Cuanki Rp.17 Ribu dan Cilok Rp.22 Ribu.Untuk wilayah Jabodetabek serta jawa barat sedangkan Kalimantan dan indonesia timur Rp.35 rbu sd Rp.50 rbu karena ada biaya freight Cost
10. Sudah berapa item desain barang yang dibuat Bonju Indonesia :
Saat ini 3 desain masing-masing Produk yaitu Cireng salju,Cuanki Salju dan Cireng Salju di tahun 2017 kami akan coba launching produk baru kembali yang saat ini sedang kami develop.
11. Apa fokus usaha cireng salju :
Saat ini kami fokus dalam mengangkat hanya kuliner lokal agar bisa Go Global.
12. Order yg paling berkesan dalma cireng salju :
Order yang paling berkesan adalah pada saat awal-awal usaha cireng salju, karena minim karyawan kami sendiri yang mengantarkan langsung ke para distributor, Kadang-kadang setelah sholat shubuh di mesjid masih pakai sarung kita kirim ke terminal untuk diangkut Bis-bis setelah itu bergegas saya siap siap untuk bekerja kekantor. Namun sejalan dengan waktu saat ini semua sudah tersusun rapi dalam delivery.
13. Suka Duka dlm menjalankan usaha cireng salju :
Menjalani Usaha Cireng Salju ini adalah hal yang paling menyenangkan. Bahkan, tak pernah ada duka yang dirasa. "Tidak ada duka semua suka. Duka itu tidak terlihat buat saya," katanya. Kuncinya hanya satu, bersyukur dan pintar menyikapi keadaan, Apapun yang dikerjakan harus sesuai dengan keinginan hati dan diri sendiri. Agar tak terasa berat dalam menjalani sehari-hari.Menurut kami, yang penting dalam menjalani sebuah Usaha adalah niat dan kemauan. Dengan modal itulah kami menjalani usaha hingga bisa sampai sekarang ini.
14. Omzet usaha kue Anda perbulan
Saat ini Omzet perbulan bisa mencapai 1,5 M lebih dengan 3 varian yaitu Cireng Salju, Cilok Salju dan Cuanki Salju
Berikut beberapa contoh Produk Pa Najib:
Cireng Salju |
Cuanki Salju |
15. Tips Sukses (u/ dishare ke pembaca)
Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang paling banyak peminatnya,dan tidak ada matinya selama manusia makan.Semakin banyak orang menggeluti bisnis ini semakin banyak beragam makanan dan beragam persaingan.Namun tidak semua orang menggeluti bisnis ini bisa bertahan lama hanya orang yang bekerja keras yang dapat bertahan.Tidak hanya itu kreatifitas dan inovasi diperlukan dalam bisnis ini.Dengan kompetisi dunia kuliner semakin ketat.Sehingga yang perlu di cermati adalah : Target Pasar, Inovasi,Supplier bahan baku yang kompetitif, Pengetahuan dan keahlian,Sabar di awal Usaha.namun tetap menjungjung Motto Bisnis Kita adalah CEPAT, MUDAH dan MENGHASILKAN (jika tidak ada salah satu unsur tersebut maka harus cepat-cepat kita tinggalkan) dan buatlah Super Team Serta Sistem yang kuat agar bisnis bisa menjadi Bisnis AUTO-PILOT.
Tidak takut tersaingi
Banyaknya brand/merk cireng saat ini sangat kami syukuri, karena menjadi partner yang baik dalam mempopulerkan cireng menjadi salah satu kuliner favorite masyarakat Indonesia. Hal ini juga memotivasi kami untuk selalu berinovasi sehingga dengan bangga kami mempersembahkan cireng salju dengan kelembutan cireng dan yang menjadi ciri khas produk kami yaitu tidak bertahan lama karena tanpa menggunakan bahan pengawet sama sekali jadi aman untuk semua kalangan dari anak kecil sampai orang dewasa, Harga produk ekonomis- Serta Kebersihan produk terjamin.
Berikut Profil dan Alamat dari pemilik usaha Cireng Salju:
Nama Lengkap : Najib Wahab Mauluddin
Tempat Tanggal Lahir : Bandung , 27 Desember 1983
Anak ke berapa dari berapa saudara : Anak ke-2 dari 3 Bersaudara
Pendidikan : S-1 Sarjana Teknik Elektro
Hobi : Masak, Golf
Makanan kesukaan : Makanan tradisional
Nama Suami+Anak : Istri : Fina Quarterina - Anak:Eizel dan Floria
Alamat yang bisa di hubungi saat ini:
Alamat email : Najib[at]cirengsalju.com
Telefon: 081221302000
website :www.cirengsalju.com
Bagaimana Anda tertarik untuk bermitra dengan Bapak Najib? Silahkan hubungi beliau sesuai dengan alamat diatas.
Untuk Pak Najib dan rekan rekan, selamat atas usahanya semoga sukses selalu dan mendapat Barokah dari Allah Ta'ala.
CIRENG SALJU MANG BONJU KULINER LOKAL GO GLOBAL
4/
5
Oleh
toone