Kamis, 05 Juni 2014

Tips Menjadi Wirausahawan Sukses

Menjadi Wirausahawan Sukses
Menjadi wirausahawan sukses adalah cita cita semua orang. Namun semua itu tidak akan terwujud jika kita tidak memenuhi syarat menjadi wirausaha sukses. Tidak ada kesuksesan tanpa
pengorbanan, sekecil apapun pengorbanan itu, begitu juga dengan berwirausaha. Berwirausaha adalah seni menjalankan usaha sendiri untuk mencapai sebuah usaha mandiri yang sukses. Berikut tips untuk menjadi wirausahawan sukses.

1. Pengetahuan dan Keterampilan
Sebelum Anda berencana memulai wirausaha sebaiknya anda telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai wirausaha yang akan anda jalankan tersebut. Akan lebih baik jika pengetahuan dan keterampilan yang anda miliki telah mempuni sehingga tidak ada kesulitan dalam menjalankannya. Jika belum memiliki pengetahuan sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk belajar terlebih dahulu sebagai bekal dasar berwirausaha. 

2. Semangat dan Kerja Keras
Dalam berwirausaha diperlukan semangat dan kerjakeras dalam membangun dan memajukan usaha yang Anda jalani. Semangat kerjakeras ini perlu selalu dipelihara agar selalu tercipta perencanaan perencanaan baru untuk memajukan usaha Anda. Salah satu kemunduran bahkan kebangkrutan dalam berwirausaha adalah tidak terpeliharanya semangat dan kerjakeras untuk membangun dan memajukan usaha sehingga ketika timbul sebuah permasalahan seperti planing tidak sesuai dengan yang diharapkan maka timbullah kemalasan dan keputusasaan. Untuk itu Semangat dan kerjakeras dalam berirausaha harus selalu terpelihara. 
3. Memiliki Kepercayaan diri
Banyak orang yang secara pengetahuan kurang pandai tetapi sukses karena dia memiliki rasa percaya diri untuk maju dan sukses, sehingga persoalan apapun dia hadapi dengan rasa percaya diri. Tetapi sebaliknya tidak sedikit orang pandai tetapi kurang sukses dalam karir dan wirausahanya karena tidak memiliki rasa percaya diri, sehingga tidak bisa menghadapi permasalahan yang dihadapi dengan tenang, sehingga tidak bisa mengambil keputusan yang tepat. Dalam wirausaha modal kepercayaan diri sangat penting untuk kemajuan usaha Anda. Klien tidak akan percaya kepada bisnis yang sedang Anda jalani ketika pemiliknya tidak percaya diri dengan usaha yang Anda jalani. 

4. Berani Mengambil Resiko
Tidak ada usaha yang tidak memiliki resiko, untuk maju dalam berwirausaha maka harus berani mengambil resiko. Besar kecilnya sebuah resiko yang dihadapi itu tergantung dari besar kecilnya wirausaha yang  dijalani. Resiko yang diambil bukan tanpa alasan melainkan harus dengan pemikiran yang matang dengan berbagai alasan dan pertimbangan yang jelas, untuk itu kembali ke poin pertama bahwa memiliki pengetahuan tentang usaha uang Anda jalani adalah sebuah keharusan.

5. Berfikir Kreatif dan Inovatif
Untuk memajukan sebuah usaha diperlukan adanya inovasi, untuk itu berfikir kreatif memajukan usaha Anda sangat diperlukan. Anda mungkin pernah mendengar sebuah usaha sederhana kue Serabi, pada awalnya kue serabi itu hanya memiliki satu rasa original yaitu serabi asin yang dicampur parutan kelapa, tetapi sekarang sudah beraneka rasa kue serabi, seperti serabi coklat, keju, straubery dan sebagainya. Berfikir kreatif dan inovatif merupakan kunci sukses wirausaha Anda.

6. Jujur
Tidak salah kiranya jika ada selogan yang mengatakan "kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana-mana". Dalam hal apapun hendaklah kita selalu berprilaku jujur, karena dari kejujuran tersebut akan timbul sebuah kepercayaan. Sebagai seorang wirausahawan hendaklah memiliki sifat seperti ini jika usaha Anda ingin dikenal dan dipercaya oleh custemer Anda. 
Jika Anda melihat dari ke enam point diatas itu mutlak harus ada pada diri seorang wirausahawan. Sebagai pengetahuan lainya baca juga artikel mengenai Semangat Wirausaha

SEMOGA URAIAN INI DAPAT MEMBERI INSPIRASI ANDA UNTUK BERWIRAUSAHA

Related Posts

Tips Menjadi Wirausahawan Sukses
4/ 5
Oleh